Madrasah Mu‘allimin Mu’allimat

Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin

PROGRAM STUDI M3 ROMU

  • HAFAL AL-QUR’AN 30 JUZ

    Sebagai lembaga yang pondasinya al-qur’an maka hafal al-qur’an adalah program khusus yang bisa ditempuh oleh para santri M3. Bagi para santri yang berminat hafal al-qur’an 30 juz maka dipersilahkan untuk memilihnya ketika sudah duduk dibangku kelas 5 M3. Tentu saja dengan tetap membagi waktunya untuk pelajaran yang lain (pelajaran umum). Diharapkan dengan selesainya hafalan al-qur’an para santri dapat dengan mudah mendapatkan beasiswa diperguruan tinggi. Dan tentunya bisa memberikan manfaatnya kepada orang banyak.

  • HAFAL HADITS BULUGHUL MAROM

    Bulughul Marom karya Ibnu Hajar Al Asqolany adalah kitab salaf atau yang lebih familiar dengan sebutan kitab kuning yang sudah banyak dikaji dikalangan para santri pondok pesantren, dan sudah menjadi kurikulum dilembaga-lembaga yang berbasis agama lainnya. Kitab yang cukup tebal dengan jumlah 1610 hadits dengan berbagai kajian, meliputi fiqh, adab, tashowuf dan aqidah memberikan wawasan yang cukup untuk para santri. Apalagi didalamnya terdapat hadits lintas madzhab diharapkan menjadi dasar yang kuat bagi para santri kedepannya. Sebelum mengkaji kitab ini tentu saja mengkaji kitab-kitab hadits lain yang lebih ringkas. Dan juga diajarkan kitab pendukungnya seperti mustholah hadits, ushul fiqh dan lainnya.

  • FIQIH

    Terlalu banyaknya pelajaran dan kegiatan yang harus ditempuh oleh para santri membuat kemampuan menjadi tidak terfokus, maka perlu adanya pemetaan dalam kurikulum. Fiqh adalah salah satu fan pilihan para santri Madrasah Muallimin Muallimat ketika masuk dikelas dua, mulai dari kitab terkecil yakni mabadi’ul fiqhiyyah, yang menengah seperti fathul qorib sampai yang tinggi seperti fathul mu’in. Para santri juga diajarkan disiplin ilmu lainnya seperti adab, qowaidul fiqh, ushul fiqh, faroid, falak, balaghoh, mantik dan lainnya, Dengan harapan para santri benar-benar mampu memahami fiqh dengan seutuhnya.

  • NAHWU-SHOROF

    Kedua ilmu tersebut adalah alat untuk bisa memahami disiplin ilmu yang lain, sehingga menjadi sangat penting peranannya. Di Madrasah Muallimin Muallimat para santri juga dipersilahkah memilih fan nahwu dan shorof ketika dikelas dua. Dengan harapan para santri bisa fokus menyelesaikan sampai ke tahap yang lebih tinggi. Dimulai dari yang terkecil yakni amtsilati, amrithi, sampai kepada yang lebih besar seperti alfiah ibnu malik. Para santri Madrasah Muallimin Muallimat juga diajarkan kitab lainnya seperti i’lal, i’rob, balaghoh dan lainnya sebagai pelengkap kajian.

× Hubungi Kami