Madrasah Mu‘allimin Mu’allimat

Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER M3 ROMU

  • PAGAR NUSA

    Sebagai lembaga yang berkomitmen mengembangkan bakat santri semaksimal mungkin maka madrasah muallimin muallimat juga memberikan pelatihan kepada para santri sebagai pilihan, di antaranya pencak silat PAGAR NUSA, yang langsung dibimbing oleh tenaga profesional. Melalui pagar nusa para santri juga telah melalui banyak even penting, dan yang terpenting dari program ini adalah melanjutkan tradisi santri yang sudah dirintis oleh Kyai Maksum dan barokah dari beliau serta mewujudkan santri yang sehat jasmani dan rohaninya.

  • AHBAABUL MUSTHOFA

    Tradisi sholawatan adalah yang paling digrandungi para santri, maka sudah semestinya ahbabul musthofa adalah pilihan yang tepat bagi para santri untuk menyalurkan hasratnya bersholawat. Mudah-mudahan dengan wasilah sholawat kita menjadi hamba yang disayangi nabi kita Muhammad shollallohu alaihi wassalam.

  • TAGHONI

    Para santri yang memiliki suara emas, bisa menyalurkan bakatnya dengan mengikuti program taghoni dan tentu saja dengan guru yang sangat mumpuni dibidang taghoni. Dengan harapan para santri bisa membaca dengan bacaan yang baik dan indah sebagai mana yang telah diajarkan oleh nabi kita.

  • KALIGRAFI

    Tidak hanya pandai mengaji kitab, para santri juga diajarkan menuliskan bahasa arab dengan kaedah tulisan yang benar, sesuai dengan kaidah tulisan arab. Dan dengan harapan anak-anak bisa mengikuti even perlombaan seperti MTQ dan lainnya sampai ketingkat internasional.

  • PRAKTIK AMALIYAH ASWAJA

    Sebagai santri yang harus meneruskan tradisi para ulama’ ahlussunnah waljama’ah, maka sudah seharusnya para santri dibekali dengan amalan-amalan yang sudah menjadi icon para ulama-ulama terdahulu, seperti halnya pembacaan addiba’i, al-barzanji, simtuddurror dan lainnya. Dan juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sudah biasa berlaku dimasyarakat seperti acara khitanan, walimah dan lainnya dengan harapan ketika para santri kembali didesanya bisa memberika warna pada masyarakat sekitar.

  • BAHTSUL MASA’IL

    Salah satu tolak ukur kemampuan santri dalam memahami kitab kuning, dan membuat iklim keilmiahan para santri maka bahtul masa’il adalah solusinya, selain sebagai cara mendidik santri menjadi insan yang kritis dengan permasalahan, bahtul masail juga cara mendidik santri yang bijak dalam menerima perbedaan dan kuat dengan apa yang menjadi pemikirannya. Kegiatan ini dilaksanakan setiap harinya dimadrasah, dan sebulan sekali dengan lembaga yang lain.

  • ENGLISH AREA

    Sebagai lembaga yang misinya adalah lancar berbahasa inggris aktif sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, maka madrasah muallimin muallimat memberlakukan english area. Program ini sudah mulai dilaksanakan, diawali dengan mengrim 20 anak ke pare mengikuti pelatihan bahasa inggris di BEC, HEC dan lembaga kursus lainnya, dan mengirimkan semua guru di lembaga kursus. diharapkan kedepannya madrasah muallimin muallimat menjadi lembaga yang bisa bersaing di kancah nasional dan sampai internasional.

  • KETERAMPILAN KOMPUTER

    Membekali para santri dengan keterampilan komputer adalah sebuah keniscayaan pada zaman yang serba digital seperti sekarang ini, apalagi ujian nasional sekarang sudah berbasis komputer. Dan keterampilan komputer sudah mulai diajarkan mulai para santri mengenyam pendidikan di madrasah muallimin muallimat. Untuk saat ini sudah ada sekitar 40 unit komputer yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran.

× Hubungi Kami